‘Pulang’


Ketika bel sekolah SD berbunyi, bergegas segera ku kemasi buku, pensil, rautan dan disimpan di tas. Menunggu aba-aba dari ketua kelas antri ‘tertib dan bergegas ‘Pulang

Beranjak SMP, bertambahnya teman sering terlibat masalah, entah itu telat. Entah itu ribut dengan teman beda kelas. Tak ada yang kupercaya lagi, dan ingin rasanya ‘Pulang

SMK pun demikian, puluhan kilometer jarak bisa kulibas menggunakan sepeda angin. Bermodalkan nasi dan kuah pagi kupacu benda keras berwarna merah tua kecoklatan. Ketika sudah jam 13.30 WIB ketika sudah terdengar keras, saat itu juga senang karena sebentar lagi bisa ‘ Pulang

Ketika diluar sana banyak dihantam problem, banyak pekerjaan yang menjadi PR dan belum terselesaikan. Ah, ingin rasanya segera kuakhiri dan segera tidur dikasur empuk kamar ukuran 2 x 3 meter tentu saja harus segera ‘Pulang

Ketika jarak terpisahkan, dan waktu menjadi sangat berharga. Rindu kepada orang yang terkasih, rindu yang tak bertepi. Membayangkan wajahmu duhai manusia yang merawat dan mendidikku, dengan kasih dan sayang. Segera ingin ku pergi dan menyempatkan waktu untuk ‘Pulang

Suatu ketika ketika semuanya sudah dilakukan, sudah dikorbankan, sudah diusahakan, dan sudah didoakan semua itu akan kembali kepadaNya.

Ya, kembali untuk ‘ Pulang 🙂

@30HariBercerita #30HariBercerita #30HBC18Pulang #Pulang

Advertisements
Posted in #30HariBercerita | Tagged , , | Leave a comment

‘Kapan?’

Sekarang kita jujur-jujuran diantara kita berdua. Tak perlu ada bohong diantara kita. Jika bohong nanti dapat dosa dan tak enak nanti kuota dosa kita jadi bertambah.

Sekali lagi kita jujur-jujuran aja diawal, oke deal?

Tak perlu dijawab di komentar ini, di facebook, di skype, di line, di wordpress, di path dan lainnya.

Cukup dijawab di dalam hatimu, di lubuk hati paling dalam hatimu.

Kapan?

Terakhir kali sholat berjamaah di masjid?

Sehari yang lalu,
Seminggu yang lalu,
Sebulan yang lalu,
Setahun yang lalu,
Sewindu yang lalu,
Satu dasawarsa yang lalu,
Seabad yang lalu…..?

@30HariBercerita #30HBC18RinduMasjid #RinduMasjid #SholatBerjamaah #Hijrah #AyoKeMasjid

Posted in #30HariBercerita | Tagged , , | Leave a comment

Ust. Dr. Muinuddinnillah Selamatkan Indonesia di Jogokariyan

Jari jari saya mengucapkan syahadatain untuk berjuang memperjuangkan saya bersaksi tidak ada Illah yang disembah kecuali Allah dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad sallahu’alaihi wa sallam itu adalah utusan Allah. Apa sih permasalahan Indonesia? Jenderal Anton tabah? Penguasa hancur karena dipilih oleh rakyat. Rakyat itu baik tidaknya juga tergantung dari agama pemimpinnya.

Fir’aun tidak jadi fir’aun kalau tidak di firaunkan dan rakyat mau memfir’aunkan.

Siapa yang sholat subuh berjamaah? Siapa yang hari ini tidak pacaran? Takut untuk tidak pacaran? Solusinya? Kecuali dengan diturunnya agama Islam, hadirkannya nilai Islam dari diri kita, keluarga, desa kita, kabupaten, pemerintah. Hadirkan Islam diantara mereka. Berawal dari diri kita sendiri. Hadirkan al quran dalam kehidupan kita, al quran, iman dan islam menyatu sebagai bangunan kokoh benar-benar kokoh dan kuat luar dalam. Sudah bersyukurlah kita dengan apa yang Allah berikan kepada kita. Sudah bersyukurlah kita dengan yang Allah berikan. Apakah kita beriman dengan Allah? Orang ingat neraka tidak berani berbuat maksiat. Akan didatangkan manusia paling menderita di dunia, namun paling beruntung di akherat. Aamiin 🙂 ingat yang penting adalah endingnya. Ngakunya Islam namun jarang sholat ke masjid, ngakunya Islam namun parahnya tidak sholat. Berbulan bulan tidak membaca al qur’an tidak sedih, berbulan bulan tidak khatam alqur’an tidak sedih. Sayyid Ibnu sholat subuhnya 50 tahun, an nabawi gerakan sholat berjamaah. . Apa yang Allah berikan kepadaku, jauh lebih baik dari apa yang engkau berikan kepada kami. Ustad-ustad dan aktivis harus mesra dengan istrinya. . Kasus Sayyidina Abu Bakar, diberikan makanan yang dari dukun dari pelayannya. Dia segera memuntahkan makanan itu. Karena tidak ada dzat yang haram masuk hinggap ke dalam tubuhnya.

Posted in Majelis Taklim | Tagged , | Leave a comment

Tabligh Akbar Satu Komando Umat Islam Selamatkan Indonesia di Masjid Jogokariyan Jogjakarta

Allah itu maha luas kok, Allah itu maha segalanya. Kamu tak bisa menjatuhkan diriku, karena aku tidak mengejar kedudukan dan jabatan.

Aku mujahid aku singanya Allah itulah komitmen hebat. Singa itu tidak bisa diadu domba, karena hanya domba yang bisa diadu.

Jadi orang kere boleh, namun harus tetap mempunyai harga diri, daripada menjabat sebagai mentri namun tidak punya harga diri.

Boleh berpenampilan santai, memakai kaos oblong, sandal jepit, namun punya Allah, punya rasul dan lainnya

Closing:

Jangan sampai jual dan kamu gadaikan akidahmu dengan uang yang sangat murah.
.
Mati syahid itu ada banyak jalannya. Kasus ketika perut terasa lapar dan perih, tiba tiba muncul insting mencari makan. Ketika tak ada nur di dalam hatinya maka apa-apanya dijual agar bisa untuk menghilangkan laparnya. Tak peduli bagaimana asal usulnya, yang penting perut kenyang.
.
Namun ketika orang yang lapar memiliki nur illahi maka pertama kali adalah dicari ikhtiar, terus mencari usaha agar mendapatkan makanan, namun tak dapat. Saya lapar dan aku sudah menggugurkan ikhtiarmu, maka saya niatkan untuk puasa ya Allah hari ini. Namun, ketika itu dua mendapatkan makanan dari tetangganya saat itu juga. Dia tak terpengaruh dengan membatalkan puasanya dia tetap meneruskan puasa sampai nanti, makanan untuk nanti buka saja. #makjleb

Selamatkan dia ya Allah, mudahkan hidupnya ya Allah. Jangan budayakan berbicara bohong, ucapkan genggam hatiku ya Allah agar bisa menjadi orang yang penyabar.

Disaat kita terpuruk jatuh dia masih bisa menyembunyikan sakitnya dan bermanfaat untuk membantu orang lain. Paling tidak ya menyenangkan orang lain 🙂

Hati-hati dengan pencitraan #JAMANNOW!

Kasus mobil esemka, kasus novel baswedan, kasus freeport, kasus kriminal ulama, impor beras, de el el

Posted in Majelis Taklim | Tagged , | Leave a comment

Menghapus Jejak Maksiat bareng Kramat Bantul oleh Ust. Sutrisno

Selalu rajin mendatangi majelis ilmu meskipun sudah mengetahui ilmu itu. Mencari ilmu adalah salah satu amalan yang sholih, atau amalan yang baik.

1. Dapat pahala, karena memenuhi panggilan undangan
2. Termasuk jihad fisabilillah jika diniatkan dari rumah keluar untuk menuntut ilmu
3. Dapat pahala silaturahmi itu kalau tak ada hubungan darah, kalau hubungan darah itu namanya silaturahim

Menghapus jejak kemaksiatan, untuk melakukan kemaksiatan sangat mudah sekali di era sekarang Kemaksiatan itu sekarang sudah terfasilitasi dengan mudah sekali. Tergantung dari usernya, atau penggunanya sekarang?

Cinta yang utama adalah kepada Allah ta’ala dan Rasulnya, selebihnya cinta kepada keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

Nafsu itu tidak dibunuh, namun dikendalikan agar nafsu itu menjadi rahmat dari Allah ta’ala. Misalnya ada nafsu dengan wanita, solusinya ya menikah 🙂

Berbuat dosa malah bangga, banyak orang yang sudah tidak punya rasa malu. Kemaksiatan dipamerkan di media sosial.

Taati perintah Allah, jauhi larangannya. Terus lakukan seperti itu. Istiqomah 🙂

Ojo leren dadi wong apik” jangan pernah berhenti untuk menjadi orang baik. Dakwah itu dengan dakwah dengan tangan, dengan lisan, dengan hati.

Ketika semua sudah dilakukan dan mentok tidak bisa berbuat apa-apa a berprinsip “Meneng neng ora seneng.” Segera tinggalkan dan cari kesibukan yang lain.

Posted in Majelis Taklim | Tagged , , | Leave a comment

Dahsyatnya Fitnah Wanita oleh Ust. Budi Jaya Putra dalam Kajian Rabu Malam AMM Bantul

Dahsyatnya fitnah wanita, agama yang paling meninggikan derajat wanita hanya ada dalam agama Islam.

Sebab sesungguhnya fitnah pertama kali di kalangan Bani Israil adalah masalah wanita. (H.R. Muslim)

Menyukai dan mencintai wanita adalah fitrah. Qs. Ali Imran 14

Wanita itu punya daya tarik sendiri. Inner beauty ada dalam diri seorang wanita. Penyebab fitnah itu karena kelebihan yang ada dalam diri seorang wanita. Kalau tidak hati-hati dan tidak bisa mempergunakan kelebihannya itu dan akan menimbulkan fitnah.

Kisah Nabi Adam ‘alaihissalam dan Siti Hawa, dan Nabi Yusuf ‘alaihissalam, Sebenarnya Nabi Yusuf ‘alaihissalam itu tergoda oleh Zulaikha, akan kelebihannya. Andai tidak dilindungi Allah ta’ala sekalibee nabi pun akan terlena dan tergoda.

Said bin Musayyib: tidak ada yang saya takutkan melebihi ketakutanku terhadap wanita.

Karena mereka, tahu pada diri wanita itu ada kelebihan.

Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah. (Hr. Muslim)

Jodoh itu urusan Allah, jangan risau dengan jodoh. Serahkan saja sama Allah ta’ala. Utama adalah ikhtiar dan bukan mendambakan pasangan yang sholeh dan sholehah namun menjadilah yang sholeh dan sholehah.

Betapa wanita itu takut masalah jodoh, maka dari itu berhati-hatilah.

Mereka saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran

(Qs. Al Ashr: 3)

Bersyukur dulu biar tenang, ucapkanlah alhamdulillahirobbil’alamiin, baru kemudian innalillahi wa inna lillahi roojii’un.

Pada malam itu saya baru sadar sesadarnya mengapa wanita itu harus memakai jilbab, harus ditutupi dan mengapa wanita itu punya fitnah yang dahsyat, mengapa?

Ya, tidak lain karena wanita itu banyak kelebihannya dan banyaknya keindahan dari wanita itu. Ya, karena semua kelebihannya 🙂

#ammbantul #kramatbantul #kajianrabumalam #muhammadiyah

Posted in Majelis Taklim | Tagged , , | Leave a comment

‘Disiplin’

.
Disiplin adalah kata yang simpel banget mudah diucapkan. Anak PAUD, SD, SMP, SMK bahkan Perguruan Tinggi sangat fasih dalam menyebutkannya.

Namun, menerapkan kata ‘disiplin itu tidak seperti membalikkan telapak tangan. Harus dibutuhkan niat kuat dan kemampuan yang kuat. Semuanya harus kuat.

Disiplin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

di·sip·lin n 1 tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya); 2 ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya); 3 bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu;

Poin yang dapat ditangkap adalah taat dan patuh pada peraturan. Setuju yak?

Disiplin waktu itu adalah salah satu contoh yang nyata. Disiplin dalam beribadah, ketika adzan berkumandang segera tinggalkan aktivitas dunia segera respon panggilan Allah datang ke masjid untuk sholat

Disiplin dalam bekerja adalah berangkat kerja jangan sampai terlambat tanpa ada alasan yang pantas. Seringlah datang diawal waktu untuk mempersiapkan pekerjaan pada awal hari itu.

Disiplin dalam memanajemen waktu, sekarang mulai tentukan mana menjadi skala prioritas utama yanh harus segera dilaksanakan, mana yang bisa bisa ditunda dikerjakan nanti. Semua itu yang bisa mengatur adalah diri kita sendiri

So, Fingerspot hadir untuk membantu memanajemen waktu berharga Anda. Gak mau kan karyawan sering titip absen, bolos kerja dan parahnya lagi tidak jujur dalam masalah absensi. Wah, bisa gawat nih!

@Fingerspot_indonesia bisa menjadi solusi cerdas untuk membantu mengatasi penguatan ‘disiplin tersebut. Berawal dari terpaksa lambat laun juga jadi kebiasaan baik, jujur saya diawal kerja juga sering terlambat. Sering banget padahal karyawan baru, udah sering terlambat.

Siap-siap dapat ‘Surat Cinta dari HRD Perusahaan

Alhamdulillah berawal dari proses pemaksaan itu akhirnya jadi kebiasaan, ada niat berubah dan kemauan kuat jadi deh. Ya, kalau diawal misal terlambat 10 kali sebulan, sekarang turun jadi 1,2 kali sebulan, lumayan kan?

Ya, kalo baik ya usahakan datang awal waktu agar tidak terlambat! Oke terimakasih @fingerspot_indonesia

#30HariBercerita #30HBC1823 #30HBC18 #Disiplin #fingerspot #fingerspotjogja

Posted in #30HariBercerita | Tagged , , | Leave a comment

Maaf, Tolong, dan Terimakasih

Tiga kata di atas adalah kalimat yang sederhana, pendek, mudah pula pengucapannya. Seharusnya banyak orang mudah untuk mengucapkannya.

Namun, karena gengsi yang membara merasa paling hebat, merasa paling pintar merasa paling berjasa, seakan tiga kata di atas tidak berlaku baginya.

Merasa sudah cukup dengan kemampuannya tanpa butuh bantuan oranglain. Menganggap orang lain itu tidak ada bahkan tidak penting. Tak menghargai bagaimana perasaan mereka, seakan hatinya seperti batu sungai. Hitam, pekat dan keras!

Padahal, tiga kata itu sungguh sangat mulia kalau benar-benar dipahami, diterapkan dan dijadikan kebiasaan sehari-hari.

Sekecil apapun kesalahan yang pernah dilakukan entah sadar atau tak sadar selalu ucapkan ‘Maaf kepada orang yang pernah kita lukai dan sakiti. 

Sekecil apapun bantuan yang kita minta selalu awali dengan kata ‘Tolong kepada makhluk yang sudah berbaik hati untuk dimintai pertolongannya. Kita sadar hidup itu pasti butuh bantuan orang lain, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Sekecil apapun yang diberikan oranglain kepada kita, entah berwujud materi, empati, dukungan moril dan non material harus kita terima. 

Selalu awali dengan kata ‘Terimakasih atas segala bantuan yang sudah diberikan. Yang menerima bantuan juga senang, yang memberikan bantuan juga senang karena merasa dihargai akan bantuannya.

So, sudah saatnya kita membiasakan tiga kata sederhana ini dalam kehidupan sehari-hari. ‘Maaf, ‘Tolong, dan ‘Terimakasih

#30HariBercerita #30HBC1822 #maaf #tolong #terimakasih #30HBCMaafTolongTerimakasih

@30HariBercerita

Posted in #30HariBercerita | Tagged | Leave a comment

Keutamaan Memuji dan Bersyukur dalam Kitab Riyadhus Shalihin oleh Imam An- Nawawi

Masyaallah, sungguh sebuah penghormatan besar dari Allah ta’ala. Dzat yang paling Agung sudah memberikan garansi kepada manusia atau hambanya. Para hambanya yang selalu ingat Allah ta’ala, baik suka maupun duka. Selalu ingat dalam keadaan apapun dan dimanapun serta kapanpun. Ketika mau makan ingat Allah, ketika mau mengendarai kendaraan ingat Allah, ketika mau tidur untuk beristirahat ingat Allah. Mau apapun selalu ingat Allah ta’ala. Lalu garansi dari Allah ta’ala adalah ketika hati dan pikiran serta jiwa raga kita sudah ingat kepada Allah, maka Allah membalasnya dengan akan mengingat kita para hambanya ini. Kalau yang mengingat itu hanya seorang teman, itu masih wajar. Kalau yang mengingat itu mantan itu wajar, kalau yang mengingat itu Bupati itu masih wajar. Lha ini yang mengingat kita adalah Dzat Sang Pencipta Alam Semesta loh. Dzat paling Agung yang memiliki alam semesta ini. Luar biasa bukan?

Allah rela berkenan mengingat kita, asalkan kita lebih dulu mengingat Allah. Caranya? Selalu libatkan nama Allah dalam keadaan apapun, dimanapun, kapanpun serta bersyukur dengan apa yang Allah berikan kepada kita. Terima pemberian Allah dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur.

Syukurilah karunia Allah itu, dan ucapkan Alhamdulillahirobbil’alamiin, segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam

Posted in Kitab Riyadhus Shalihin Imam An Nawawi | Tagged , , | Leave a comment

Qodarulloh

Posted in Pesan dalam gambar | Tagged , , , , , | Leave a comment