Baksos Bersama oleh PRM Canden, Puskesmas Kasihan II, Jama’ah Al-Ijtihad Gadungan dan Jama’ah Al-Falah Sraten

Kulonprogo | Pimpinan Ranting Muhammadiyah Canden, pada tanggal 20 Muharram 1440 H bertepatan dengan 30 September 2018 mengadakan bakti sosial di Ma’had Tahfizhul Quran Askar Kauny Kulonprogo. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Jama’ah Al Falah Dusun Sraten Canden Jetis Bantul, Jama’ah Al Ijtihad Gadungan, Puskesmas Kasihan II bersama Pimpinan Ranting Muhammadiyah Canden. Ratusan rombongan ikut hadir dalam kegiatan bakti sosial, bazar pakaian dan sembako murah, pemeriksaan pengobatan, serta pengajian ruhani untuk para jamaah.

Ma’had Tahfizhul Quran Askar Kauny beralamatkan di Padukuhan VIII Banaran RT.30 RW.15 Banaran, Galur, Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Diterima langsung oleh pengasuh tempat penghafal al qur’an yakni ustad Nunu Nurrohim Al Muhajir. Menggunakan peci warna hitam di atas kepalanya, dikombinasikan baju koko warna abu-abu plus sarung warna orange begitulah penampilan sederhananya. Sangat ramah sekali dalam menerima rombongan sesekali melempar senyum kepada para jamaah.

Acara pengajian dimulai lebih kurang sekitar pukul 08.30WIB. Acara dimoderatori oleh Ketua PRM Canden, Kuswoyo, M.Pd. Acara berlangsung semarak dengan diadakannya pengajian rohani, yang memberikan gambaran tentang kemuliaan manusia ketika menjadi keluarga Allah yakni dengan menghafal al qur’an. Dilanjutkan dengan acara pemeriksaan kesehatan gratis untuk santri dan warga. Bekerja sama dengan unit kesehatan Puskesmas Kasihan II Bantul.

Ada juga bazar pakaian layak pakai dan sembako untuk santri dan warga. Khusus untuk kegiatan bazar ini meskipun terlihat membayar dengan uang, namun semua transaksi yang ada akan diberikan kepada pondok pesantren ini. Hal ini diharapkan untu membantu santri lebih khususnya, serta membantu warga masyarakat di sekitar pondok pesantren pada umumnya.

Beliau, ustad Nunu Nurrohim Almuhajir menceritakan bahwa pondok pesantren ini baru saja didirikan sekitar bulan Juli kemarin. Memanfaatkan tanah wakaf dan bangunan dari seorang donatur praktisi bidang kesehatan. Singkat cerita dalam perkenalan singkat beliau diberikan amanah untuk mengelola dan mengasuh pondok pesantren Ma’had Tahfizhul Quran Askar Kauny. Ada sekitar 31 cabang Ma’had Tahfizhul Quran di seluruh Indonesia.

Untuk sementara jumlah santri saat ini ada 24 murid. Beliau juga mengemukakan bahwa mayoritas santri di sini berasal dari keluarga yang memang kurang mampu, meskipun tidak semuanya. Segala keseluruhan biaya operasional pondok pesantren ini bergantung dari para donatur.

Menariknya ada sebuah peristiwa unik ketika para santri diajak berenang di daerah Bantul. Suatu ketika beliau bertanya sama istri bahwa kira-kira cukup tidak biaya untuk biaya berenang sekaligus makan siang. Rencana setelah berenang sekalian makan siang seperti itulah. Singkatnya, ada seorang manusia bertanya kepada beliau, ini dari rombongan mana? Alhamdulillah, tanpa disangka manusia mulia itu tanpa banyak kata ketika mau pulang bersalaman dengan beliau sambil memberikan sebagian rizki untuk para santri.

Luar biasa ini rejeki untuk anak-anak gumam dalam hatinya penuh takjub.

Beliau juga memberikan semacam kalimat motivasi menghafal al quran itu semudah tersenyum, hal ini dimaksudkan agar mengubah mindset manusia bahwa menghafal al quran itu bukanlah suatu momok yang perlu ditakuti. Menghapus doktrin kalau menghapal alquran itu sulit. Sehingga dengan slogan di atas santri dan masyarakat punya pola pikir jernih bahwa menghafal alquran itu tidak sesulit yang dibayangkan, menghafal alquran itu mudah dan menyenangkan.

Acara ditutup dengan penyerahan uang saku untuk para santri , harapannya dengan sebagian rizki yang berasal para donatur PRM Canden serta infak para jama’ah Al Falah Sraten, jama’ah Al Ijtihad Gadungan ini bisa berguna sebagai uang saku. Semoga memotivasi para santri agar lebih semangat dalam belajar dan menghapal alqurannya dan tetap istiqomah di jalan Allah ta’ala. Juga semoga para donatur diberikan keringanan agar terus bisa memberikan manfaat kepada semua orang. Aamiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑

%d bloggers like this: