Syawalan KOKAM Jetis 2018 di Masjid Al Ihsan Bulus Kulon

Assalamu’alaikum warah matullah wabarakaatuh,

Sabtu, 30 Juni 2018 telah diadakan Syawalan Halal bi Halal Keluarga Besar KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) Jetis di Masjid Al Ihsan Bulus Kulon.

Puluhan anggota KOKAM Jetis hadir dalam acara syawalan malam itu. Perwakilan dari PRPM Trimulyo, PRPM Sumberagung, PRPM Canden ikut hadir mensukseskan acara tahunan tersebut.

Acara ini digelar untuk menjalin silaturahim antar anggota KOKAM Jetis, saling mengakrabkan diri kepada sesama anggota sekaligus momentum syawalan di bulan Syawal. Mengingat selama bulan Ramadhan KOKAM Jetis memang tidak ada kegiatan utama, semua anggota dipersilakan untuk fokus beribadah di masjid kampung masing-masing.

Acara dipandu oleh Kang Edy Hartono dari Blawong. Lalu dibuka oleh Komandan KOKAM Jetis Kang Joko. Puncaknya tausyiah diberikan oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Wilayah Yogyakarta yakni Kang Iwan Setyawan.

Memakai pakaian baju koko warna merah, menggunakan peci warna hitam dengan kacamata menghiasi wajahnya. Dengan gaya santai Kang Iwan mulai memberikan ilmu kepada anggota KOKAM Jetis yang malam itu banyak memakai seragam warna hitam.

Kang Iwan memberikan ilmunya tentang 3(tiga) hal yang anggota KOKAM wajib memilikinya, sangat penting sekali, di bawah ini.
.

1. Syar’i
Menjadi anggota KOKAM itu harus syar’i, minimal melaksanakan rukun Islam yang ada 5 (Membaca syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, dan naik haji bila mampu).

Minimal 4 pilar bisa dipegang dan dilaksankan. Kemudian bertaqwa salah diantaranya adalah percaya kepada hal-hal yang ghoib, seperti apa itu Senin, apa itu sakit, apa itu cinta. Semua yanh disebutkan tadi ada, namun kita tak bisa melihat seperti apakan mereka itu?
.
Anggota KOKAM harus berusaha sholat tepat waktu di masjid, secara berjamaah pula, rajin membaca al qur’an, bersedekah, rajin mendatangi majelis taklim, sopan terhadap orangtua, aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Ilmu profesi
Anggota KOKAM itu harus miliki penggawean alias pekerjaan, hal ini penting karena dengan bekerja kita akan bersyukur bahwa Allah ta’ala sudah berikan tenaga, bentuk fisik, dan kekuatan kepada manusia. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga maka mencari nafkah untuk keluarga adalah wajib.
.
Bekerja apapun itu monggo asal jelas dan halal, tak boleh mengandung unsur haram di dalamnya. Jika ada anggota yang sudah berumur maksudnya sudah cukup umur namun belum bekerja, kita bantu carikan pekerjaan untuknya. Agar dia bisa mendapatkan pekerjaan. Jadi tidak ada istilah anggota KOKAM itu pengacara, pengangguran banyak acara, atau bakul semongko, glundang-glundung.

Antusias dalam mencari ilmu, sehingga menjadikan kita bermartabat, ilmu yang menjadikan kita punya penghasilan. Bisa dengan berjualan online, sepertinya. Kang Iwan memiliki 2 mata pencaharian, sebagai pengajar sama wiraswasta. Penting, karena jika 1 pohon pekerjaan hilang atau lesu, masih ada pekerjaan yang lainnya. Jadi tidak bingung dan panik jika tiba-tiba usahanya macet dan gulung tikar.

Meiliki 2 (dua) pekerjaan, memiliki filosofi manusia itu punya 2 kaki, satu hilang masih ada yang lain, laki-laki itu harus punya penghasilan, nikah ini penting barangsiapa ingin rezeki beelimpang maka bersegeralah menikah. Bisa dadi Pemuda Muhammadiyah dengan NasyiatulAisyiyah (setuju banget)

3. Ilmu beladiri
Menjadi anggota KOKAM itu minimal harus bisa beladiri. Harus bisa melawan dan membela diri jika ada keadaan darurat. Untuk jaga-jaga dan bisa membantu oranglain.

Ya, minimal bisa lari itu juga boleh, Kang Iwan menerangkan arti beladiri itu juga bisa diartikan seperti ini, kalau ada masalah dirumah kita, yang menolong kali pertama adalah tetangga, ilmu srawung dalam masyarakat, jangan sampai menghilangkan peran di masyarakat. Jadi harus bisa ngopeni tetangga terdekat, karena jika ada apa-apa kita mesti memerlukan bantuannya.
.

Hormati mereka, muliakan mereka, beri hadiah atau bingkisan dan selalu menghormati, ramah saling menyapa tetangga. Seperti itu, bangun hubungan yang baik.

Salah satu tujuan KOKAM adalah bersilaturahmi, so sudah,saatnya jalin silaturahmi dengan rekan Kokam tidak hanya di Jetis saja. Bisa ke Bantul, Yogyakarta dan seluruh wilayah Indonesia.
.
Fastabiqulkhoirot,

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑