Kosongkan Gelasmu?

Ketika ada sebuah gelas, penuh dengan air di dalamnya. Lalu dituangkan air kedalamnya. Airnya karena sudah penuh, tumpah ruah dan jatuh berserakan di meja.
.
Air yang dituangkan tak dapat masuk memenuhi isi gelas tersebut. Air tak bisa masuk ke dalam, karena sudah penuh terisi.
.
Begitulah perumpamaan ketika kita sedang belajar menuntut ilmu. Gelas itu adalah pikiran kita dan air adalah ilmu yang akan masuk diserap oleh pikiran kita. Sebagus apapun ilmu yang akan masuk, tak akan pernah bisa masuk jika pikiran kita sudah penuh dan tertutup dengan hal-hal lainnya. Sudah menutup diri, berlaku sombong dan merasa sudah tahu segalanya.
.
Padahal bisa saja, informasi atau ilmu yang akan diberikan adalah ilmu yang kita belum pernah mengetahuinya. Lagian jika memang sudah pernah mengetahuinya, tak mengapa lah. Justru ilmu akan menancap dengan sangat kuat dan sulit terlepas?
.
Jika gelas atau pikiran kita kosong, mau menerima setiap informasi dan ilmu yang masuk. Sedikit demi sedikit, itu jauh lebih baik. Karena otomatis ilmu itu masuk ke pikiran dan tidak hilang dengan percuma. Ingatan juga kuat dalam menerima ilmu itu.
.
Kalau ilmu itu baik dan bagus silakan dipakai dan diamalkan, kalau misal ilmu itu tidak baik ya sudah cukup untuk diketahui juga kan? Gak ada ruginya 🙂
.
So, bijaklah dalam mengontrol gelas Anda, ada kalanya gelas itu penuh dan ada kalanya biarkan gelas itu kosong tak ada isinya sedikitpun.
.
Foto: @robar_id
.
#ramadhanbercerita11 #ramadhanbercerita #dwipracaya

Advertisements

About Dipa DP

Manusia biasa menyukai dunia fotografi, tulis menulis dan bersepeda
This entry was posted in Pernak-Pernik Ramadhan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s