Sepeda Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah Jetis ke Kedung Miri Imogiri Bantul

(Bantul) Kamis, 10 Mei 2018 Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Jetis menyelenggarakan kegiatan Sepeda Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah Jetis ke Kedung Miri Wunut Sriharjo Imogiri Bantul. Tidak biasanya halaman Balai Desa Trimulyo Jetis ramai dipadati warga. Tampak warga hadir dengan menggunakan sepeda kesayangannya, ada yang model sepeda jawa onthel, MTB, sepeda lipat, sepeda mini serta model sepeda lainnya. Tampak puluhan warga baik tua-muda, bapak-ibu, anak-anak dewasa ‘tumpeg blek ada di halaman Balai Desa Trimulyo. Ternyata mereka adalah peserta Sepeda Sehat yang diselenggarakan oleh Pemuda Muhammadiyah tingkat Kecamatan Jetis.

IMG_20180510_081007_HDR
Peserta Sepeda Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah

Sebelumnya dipimpin doa bersama oleh saudara Yuli, semoga acara bersepedanya lancar, sukses dan membawa berkah bagi kita semua. Berdoa bersama dengan mengucapkan bacaan:

 

 Bismillahirrohmaanirrokhiim, bismillahi tawakaltu ‘alallah laa khaula wala quwwata illa billah

Rombongan peserta sepeda sehat mulai bergerak, meninggalkan Balai Desa Trimulyo menuju dusun Kedung Miri.

Acara sepeda sehat ini didukung sepenuhnya oleh Pemuda Muhammadiyah, KOKAM Jetis, ‘Aisiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah tingkat Kecamatan Jetis. Harapannya dengan diselenggarakan acara ini sebagai syiar dakwah agama Islam dan menumbuhkembangkan semangat ukhuwah islamiyah antara warga persyarikatan. Lebih-lebih sebentar lagi akan menerima tamu agung yakni bulan suci Ramadhan, sehingga acara ini bisa dibilang warming up alias pemanasan sebelum masuk bulan suci ramadhan tersebut, ujar Dipa selaku Ketua Panitia Sepeda Sehat.

 

Lebih kurang peserta ada 80 an orang hadir memeriahkannya, dari Kelurahan Canden, Kelurahan Sumberagung, Kelurahan Trimulyo. Peserta melewati rute perjalanan dari melewati jalan raya Imogiri Timur, melewati jembatan Karangsemut Imogiri. Melewati area pasar Imogiri lama, berbelok ke arah sisi kanan menuju kampung Karang Tengah Imogiri. Lurus saja mengikuti jalan beraspal, melewati jembatan Kali Celeng lurus mengikuti jalur menuju Jembatan Gantung Imogiri.

Kondisi jalan cukup landai sehingga tidak membuat peserta kesulitan dalam mengendarai sepeda. Peserta sepeda sehat disuguhkan dengan nuansa hawa dingin khas pegunungan, ramahnya senyuman warga melihat acara bersepeda, serta melihat bukit-bukit di sebelah kiri dan kanan jalan. Ditambah pemandangan area persawahan nan hijau menyejukkan mata, alhamdulillah 🙂

Lebih kurang 1-5 jam perserta sudah sampai di lokasi Panggung Sono Seneng Kedung Miri Wunut. Lokasi wisata yang sempat ngehits beberapa tahun lalu, sepertinya kurang terawat baik oleh warga dan pemerintah setempat. Apalagi lokasi ini juga kena dampak dari musibah bencana banjir beberapa bulan yang lalu. Sungguh sangat disayangkan sekali, padahal potensi wisata jelas sudah terihat loh?

Para peserta berkumpul di area lapangan voli Dusun Kedung Miri. Acara santai-santai dipandu oleh saudara Yudan dari Bulus Kulon, Pak Edy dan Indra dari Blawong, serta menghadirkan tokoh senior KOKAM dari Banguntapan Selatan. Beliau adalah Mbah Benu, perawakan kecil dengan rambut yang sudah banyak beruban memakai rompi KOKAM plus kopiah warna hitam melekat di kepalanya. Namun siapa sangka, Mbah Benu mampu mencairkan suasana sehinga acara lebih meriah, sesekali melemparkan pantun guyonan, celetuknya renyah dan gemesiii banget.

IMG_20180510_084748_HDR
Pak Eddy Blawong I
IMG_20180510_085031_HDR
Mbah Benu Banguntapan Selatan

Kok yo bisa ya kepikiran itu? Kok ya ada-ada saja ucapan yang keluar dari Mbah Benu itu? Guyonannya spontan dan ceplas ceplos! Kalau teringat Mbah Benu mengisi acara tadi pagi, pengennya mau ketawa saja dah, hahaha 🙂

Beliau juga menceritakan kisah perjuangan dahulu ketika ingin membeli seragam doreng KOKAM dengan penuh perjuangan. Sampai harus menabung berulang kali, untuk membeli seragam tercintanya.

IMG_20180510_085308_HDR_1525967305687
Peserta antusias mendengarkan cerita Mbah Benu

Acaranya selanjutnya dalah pembagian doorprize dan lotisan bareng. Sambil menunggu pengumuman doorprize para peserta juga bisa menikmati lotisan yang sudah disediakan sambil duduk lesehan oleh saudari dari Nasyiatul ‘Aisyiyah. Waw, maka nikmat Tuhanmu mana yang engkau dustakan. Ada yang mendapat voucher makan gratis, sabun cuci, ember, gayung dan doorprize menarik lainnya.

Acara ditutup dengan mengucapkan hamdalah bersama alhamdulillah :), dan para peserta segera membersihkan sampah di area lapangan bola voli. Menariknya, kami warga Muhammadiyah adalah ketika kali pertama datang kondisinya bersih, ketika pulang juga harus dalam keadaan bersih. Mantab kan!

Sekitar pukul 10.15 WIB, para peserta sepeda sehat sudah bergerak meninggalkan area lapangan bola voli dan area Panggung Sono Seneng Kedung Miri. Terimakasih atas perhatian kerjasama dan kehadirannya. Semoga bapak, ibu, saudaraku semua selamat sampai rumah masing-masing, hati-hati di jalan yak 😀

Terimakasih juga kami sampaikan kepada Panitia Sepeda Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah yang sudah berjuang mempersiapkan acara ini dari awal hingga akhir. Semoga Allah ta’ala mencatat sebagai amal ibadah kita sekalian, dan semoga warga persyarikatan Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, KOKAM, Nasyiatul ‘Aisyiah di tingkat Kecamatan Jetis semakin kompak dan main jaya. Kami juga atas nama Panitia Sepeda Sehat mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kekurangan dan kurang maksimal dalam melayani bapak ibu para peserta semuanya. Jazakaahu khairan katista, matur suwun semuanya.

IMG_20180510_102226_HDR
Sebagian Panitia Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah 2018

Muhammadiyah Jetis Mantab!!! Muhammadiyah Jetis Joooooss Gandos! Fastabiqul khoirot!

Advertisements

2 thoughts on “Sepeda Sehat Keluarga Besar Muhammadiyah Jetis ke Kedung Miri Imogiri Bantul

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑

%d bloggers like this: