Pemuda Kece Jaman Now oleh Ust. Hanan Attaki,Lc

Sore itu bertempat di kampus STTA Yogyakarta bisa duduk lesehan menghadiri kajian ilmu oleh beliau ustad gaul, siapa dia? Ya, beliau adalah ust. Hanan Attaki founder dari Komunitas Pemuda Hijrah di kota Bandung. Founder komunitas Shift, yang sebelumnya hanya bisa lihat di instagram, youtube, dan facebook.

Sore itu alhamdulillah bisa lihat secara langsung 🙂 . Para Nabi Allah ta’ala itu diberikan beberapa keunggulan masing-masing.

*Nabi Musa: diberikan badan yang tegap dan teramat bagus, kekar dan besar dan otot semua

*Nabi Yusuf: diberikan bentuk fisik yang menawan, ganteng cakep dan istimewa

*Nabi Dawud: diberikan suara yang merdu dan bagus

*Nabi Yahya: diberikan akhlak dan perangai yang lembut

*Nabi Sulaiman: diberikan kekuasaan yang tidak akan dimiliki oleh orang sesudahnya. Memiliki kekuasaan yakni bangsa jin dan manusia

Nabi Muhammad sallahu’alaihi wa sallam memiliki semua keunggulan dari para nabi di atas. Semua sifatnya dimiliki oleh beliau.

4 wanita yang mendapat kedudukan tinggi dari Allah ta’ala adalah diantaranya:

*Asiyah: istri Firaun

*Maryam: ibunda nabi Isa *Khadijah : istri Rasulullah

*Fatimah : istri Ali bin Abi Tholib

Khadijah sampai mendapatkan salam dari Allah ta’ala lewat malaikat Jibril akan sikap dan perangai mulia istri nabi tercinta.

Boleh para wanita itu cantik fisiknya, asal diimbangi dengan akhlak yang baik, moral yang baik. Jika wajah dan badan sering di make up sering didandani agar bisa menjadi cantik. Akhlak dan moral pun juga demikian, harus dipoles diupgrade dan didandani agar semakin cantik akhlak dan moralnya.

Sekarang banyak fenomena wanita cantik masyaallah namun akhlaknya kurang bagus. Kurang sopan santun kepada orang yang lebih tua. Berparas cantik namun membaca al qur’annya masih kurang baik, sholatnya masih bolong-bolong.

Apa perhiasan yang paling baik untuk wanita?

Jawabannya adalah ‘malu. Sekarang banyak sekali para wanita yang malunya seperti sudah hilang. Di media sosial suka dan sering foto memamerkan keseksiannya, kecantikannya bahkan rela membuka auratnya agar bisa dibilang cantik. Ya Allah…

Dan parahnya kaum wanita itu tidak menyadari jika tubuh dan fisik wanuta itu bisa dijadikan hal gak bener sama kaum laki-laki? Padahal bukan muhrim loh? Udah bisa lihat-lihat tubuh atau aurat di media sosial, bahkwan semua orang di dunia loh, karena lewat sarana internet!

Apa laki-laki yang terbaik itu?

Yaitu laki-laki yang bertanggung jawab,ini fenomena yang langka di jaman #now Bukan masalah wajahnya ganteng dan kerennya yang dipilih. Eh ternyata gak sholat, gak bisa baca al qur’an. Jadi wanita jaman now harus cerdas memilih pria jaman now, jangan percaya casing doang.

Pertanyaan

1. Apa yang bisa membuat semangat bangkit lagi, terkadang saya down dan ingin menyerah.

*Coba buka dan pelajari tafsir dan terjemah Qs. Ad Dhuha. Ayat ini sangat spesial sekali mengatasi ketika mau down. Ayat ini turun ketika nabi Muhammad sallahu’alaihi wa sallam. Hampir putus asa.

Selama 6 bulan seperti di tinggalkan Allah, dibenci Allah, dicampakkan Allah. Beliau tidak mendapatkan wahyu entah dari mimpi atau kunjungan malaikat Jibril. Bayangin gimana bingungnya beliau? Sudah cobaannya berat, menjadi rasul itu berat, eh kok ini selama ini dicuekin saja (feeling). Namun Allah menjawab segala kegundahan hati Beliau.

*Mengapa nikmat dunia itu seperti sedikit sekali?

Karena nikmat dunia itu sedikit namun dibagi untuk banyak orang, berbeda sama nikmat di akherat. Jumlahnya besar namun dibagikan untuk sedikit orang.

2. Bagaimana agar bisa bertilawah dengan suara bagus?

*Yang terpenting itu bukan hanya bagus bisa membaca al qur’an. Yang prioritas adalah membaca,seauai hukum tajwid dan membaca bukan hanya dari lisan, namun membacalah dari hati.

Itu lebih khusyuk dan mengena sekali makna di dalam kalimatnya. Suara yang bagus itu adalah ‘gift bonus langsung dari Allah ta’ala

3. Bagaimana jika sudah sering ikut kajian namun masih pacaran?

*Disini saya gak akan membahas tentang hukum pacaran. Namun ingin membahas efek buruk dari pacaran. Pacaran itu gak ada manfaatnya selain maksiatnya terus bertambah.

Kadang rela memberikan tubuh dan kehormatan hanya untuk orang yang gak jelas. Suami bukan saudara bukan, namun kok sudah diberikan kehormatannya? Kadang juga ada yang suka ngebuli orang yang sudah nikah, terus cerai terus menjanda?

Ye, buat apa nikah daripada 2 bulan dah cerai? Woi, ingat lebih baik janda karena jelas sudah sah dan menyerahkan fisik dan batin untuk suami yanh sudah sah.

Lha, ini baru pacaran kehormatan dan dikasihkan, udah kebalik kan?

4. Sholat terus namun maksiat juga jalan terus .

*Gini ya setiap hari coba kita renungkan tentang ibadah kita. Buat pria seperti ini, apakah saya sudah sholat berjamaah di masjid setiap wakti sholat tiba. Berada di shof terdepankah? Dan meninggalkan segala sesuatu yang dilarang Allah, dan melakukan segala yang diperintahNya.

Jika ada yang bilang lebih baik berjilbab menutupi hati daripada menutip kepala. Itu kebalik, lebih baik menutup kepala lalu membuka hati, bukannya malah menutup hati.

Dalam ajaran Islam gak boleh kita menutup hati, gak boleh! Terakhir jika masih terus melakukan maksiat, begini besok kelak kita akan mendapatkan jodoh dan pasangan seperti apa yang sudah kita lakukan.

Jodoh itu ibarat cermin kita. Kalau kita baik insyaallah jodoh juga berperilaku baik.

Kalau kita sering buat maksiat, nah apakah kamu mau pasanganmu kelak juga melakukan maksiat. Alias kamu mau dapat pasangan yang sering buat maksiat? Kamu ikhals dapat pasangan yang sering buat gitu? Enggak kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑

%d bloggers like this: