Ayo ikut gerakan #NulisRandom2017

Menulis ranfom 2017
Menulis random 2017

Berawal dari sebuah ajakan dari sebuah komunitas di Facebook (Nulisbuku) untuk kembali menggiatkan kegiatan menulis. Menggunakan tema bebas yang mau ditulis, bisa keseharian sehari-hari, cerita inspirasi yang memberi teladan positif. 
Intinya kegiatan menulis jadikanlah suatu keseharian dan sebuah keharusan,  buat image menulis itu seperti kegiatan menggosok gigi misalnya. 
Menggosok gigi adalah kegiatan keseharian,  sering dilakukan dan terus menerus dilakukan.  Bahkan sehari hari bisa menggosok gigi 2, 3 kali. Sekiranya satu hari saja tidak menggosok gigi apa yang dirasakan?  

Nyaman enak kah?
Menggosok gigi mengapa dilakukan?  

Ya , karena manusia sudah merasakan kegiatan ini penting dan sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut. Selain bersih juga akan menyehatkan.  Gak mau kan jika kalian sakit gigi,  sakit yang katanya lebih sakit dari sakit hati (Alm. MEGGY Z) 

Kembali ke topik, 
Berawal dari ajakan (NulisBuku) ini saya setuju dan tergerak untuk ikut acara positif ini.  Memang benar dunia sekarang sudah, semakin canggih. Berita dengan sangat mudah didapatkan dari perangkat smartphone.  Di rumah sambil memberi makan ikan di kolam samping rumah,  bisa dengan mudah membaca berita terkini baik skala nasional atau skala internasional. 

Tak perlu harus membayar mahal untuk membeli koran atau majalah. Boros! Cukup menggunakan perangkat smartphone,  lokasi dirumah,  santai sudah bisa mengakses informasi. Skalanya bahkan bisa internasional,  dan gratis (hanya cukup beli paket internet ).

Simpel mudah gampang! 

Nulis buku komunitas
Nulis buku komunitas

Semakin canggih dunia ini,  semakin banyak informasi yang berseliweran di dunia maya. Informasi ini ada yang positif dan ada juga yang negatif. Kalau yang positif oke,  saya finefine saja , alias setuju dengan informasi kebaikan. 
Namun sebaliknya,  jika informasi berisi tentang negatif dan berita malah ‘hoax atau bohong nah ini yang saya jelas tidak setuju. 

Mengapa

Karena berita ‘hoax itu adalah menyesatkan, sumber tak jelas dan kebenaran informasi berita tidak bisa dipertanggung jawabkan. 
Parahnya lagi berita ‘hoax terus ‘dishare (dibagikan)?  Nah,  ingin sangat fatal akibatnya.  Pembaca otomatis akan terpengaruh dari berita yang di share ini. 

Kebayang bukan jika,  berita provokasi adu domba jelas tujuannya untuk provokasi. Terus dishare?  Diberikan komentar,  banyak yang komentar. Berita akan terkenal dan akan menjadi ‘viral di dunia maya. Kalau provokasi positif tentang kebaikan misalnya,  provokasi tentang sedekah,  provokasi tentang menyantuni sesama anak yatim,  provokasi tentang memberikan beasiswa kepada anak anak kurang mampu.  Nah saya setuju kalau provokasi seperti ini,  lha kalau provokasi negatif,  yang tujuannya memecah belah,  mengadudomba dan lainnya? 
Nah itu tujuan dari penulis hoax itu. Memang pekerjaannya adalh membuat berita ‘hoax,  berita kebohongan yang tentunya untuk mendapatkan tujuan tertentu.  Hanya penulis ‘hoax saja yang tahu maksud dan tujuannya. 
Ketika berita ‘hoax,  di komen,  dibagikan di share diblog maka otomatis rating berita akan naik posisi akan berada diatas.  Selalu berada di atas. 
Semakin naik ratingnya,  otomatis akan semakin banyak orang yang membaca berita hoak ini.  Ketika misalnya efektif berita intu bisa bertahan di atas misal sehari,  karena ramai dibicarakan,  ‘dishare dan dikasih komentar maka bisa saja topik ini akan menjadi topik pembicaraan selama 3 hari.  

Kebayang bukan berapa orang nantinya yang akan terkontaminasi berita hoax ini? Yang tadinya netral saja,  ketika berulang-ulang membaca secara tak sengaja di internet,  tentu lama-lama bisa saja terpengaruh. 
Benar,  saya memang tak bisa membungkam mereka para penyebar berita ‘hoax,  karena di era yang semakin canggih jelas tidak bisa. 
Cara efektifnya adalah melawan berita ‘hoax itu dengan berita yang positif dan benar. Dngan cara ini , otomatis jika ada berita ‘hoax langsung hantam dengan buat tulisan yang positif dan jujur. 

Mau dibalas tentang cerita kebaikan ok bisa.  Mau dibalas dengan tulisan tentang wisata suatu daerah,  atau mau dibahas dengan cerita inspirasi yang sangat menyentuh nah kalau seperti ini kan bagus.
Intinya lawan berita ‘hoax dengan berita positif,  jangan malah ikut membantu memviralkan berita ‘hoax agar semakin menjadi viral. Menjadi terkenal berita itu dengan banyaknya di komen,  dishare dan direpost.  Jangan sampai ini terjadi! 
Ketika ada berita ‘hoax, tak perlu di beri komentar,  tak perlu ditanggapi atau bahkan di bagikan.  Buat komitmen kalian, satu tanggapan saya sangat berarti dan sangat mahal,  tak segampang itu ‘like dan komen bisa didapatkan dari saya.  Buat komitmen pribadi seperti di atas. 
Akhir kata saya sangat mendukung gerakan ini.  Ayo hantam berita ‘hoax lawan berita negatif dengan berita positif yang mengandung kebaikan dan tentu buat berita informasi yang jujur. 

Saya,  Dwi Pracaya (Dipa) saya mendukung gerakan #NulisRandom2017

#NulisRandom2017 #HantamBeritaHoax
Terimakasih (matur suwun) 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑

%d bloggers like this: