Cari Muka di Hadapan Allah 

Mencari muka atau dalam bahasa Jawa adalah ‘golek alem.  Kegiatan yang dilakukan dengan sadar,  ditujukan kepada orang lain agar mereka yang melihat perbuatan (pelaku ‘golek alem) dan timbul rasa perhatian kepadanya. Bisa dalam bentuk ucapan,  perhatian dan sikap positif mendengarkan. 

Jika pada umumnya banyak yang cari muka itu seperti seorang murid yang cari muka di depan gurunya agar mendapatkan nilai bagus.  Pura-pura membawakan tas atau membersihkan papan tulis.  

Atau juga biasa dilakukan oleh seorang cowok kepada calon gebetan. Pura-pura menawarkan tumpangan motor,  agar bisa berboncengan,  atau cari muka dengan menawarkan bantuan kerjakan tugas kampus.  Kalau ini sudah biasa dan sering dilakukan manusia pada umumnya. 

Coba deh diganti cari mukanya.  Cari mukanya sama Allah, sang pemilik alam semesta raya.  Rayu Allah dengan cara rutin bersedekah,  meski baru dengan nominal sedikit namun terus dilakukan terus menerus.  

Kasih sedekah infaq buat masjid ketika pas sholat,  Kasih uang pengamen ketika dilampu merah,  Kasih tips langsung kepada pelayan rumah makan,  dan sebagainya. 

Coba cari muka lagi dengan banyak berdzikir,  bisa ketika naik motor baca alhamdulillah,  subhanallah,  allahuakbar, laa ila haillallahu, dan lainnya.  

Baca al quran setiap hari,  kita yang sempatkan untuk meluangkan waktu untuk membaca al quran.  Terus baca meskipun hanya 1 lembar halaman, lakukan setiap hari dan terus menerus. 

Tambah juga sholat sunnah penambah sholat wajib,  bisa, dengan sholat dhuha, witir,  tahajjud,  qobliyah,  bakdiah dan sholat sunnah lainnya. 

Masih kurang tambah amalan puasa senin-kamis seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad sallahu ‘alaihi wa sallam. Terus menerus dilakukan,  jadikan amalan rutin dalam kehidupan sehari -hari.  Jika mampu naikkan ke tingkat lebih tinggi yakni puasa Daud,  sehari puasa sehari tidak.  Ini salah satu bentuk peningkatan ibadah puasa,  tapi harus berlanjut yak? 

Kerahkan ilmu cari muka alias golek alem kepada Allah,  rayu Allah dengan cara ini, insyaallah Allah akan merasa kasihan kepada hambanya ini dan insyaallah akan berkenan meridhoi langkah hambanya… 

Sudah, siap untuk cari muka dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala? 

Advertisements

About Dipa

Manusia biasa menyukai dunia fotografi dan tulis menulis
This entry was posted in Pernak-Pernik Ramadhan. Bookmark the permalink.

2 Responses to Cari Muka di Hadapan Allah 

  1. Hastira says:

    betul ya malah ini abnayk pahalanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s