Wawancara dengan Mas Kelik (OWNER FRESHMEDIA)

Sebetulnya ini adalah tugas dari kampus untuk ujian tengah semester. Tugasnya adalah wawancara dengan wirausaha, sejarah dirintis dan produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk itu saya post kan disini. Semoga bermanfaat… 🙂

Freshmedia Komputer
Freshmedianet

 

Sejarah Perusahaan

Pada kesempatan ini saya ingin mengangkat profil perusahaan perseorangan. Pemilik dari usaha yang bergerak dalam bidang jasa dan penjualan assesories komputer ini adalah Kelik Dyastoro. Biasa dipanggil mas Kelik. Beralamatkan di Bendogorok, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Mas Kelik mempunyai beberapa bidang usaha yang sudah digelutinya, seperti warnet ( warung internet), sebuah toko komputer (melayani jual beli dan jasa perbaikan komputer), dan menjadi freelance IT (teknisi tak tetap) Kedai Digital yang berlokasi di area selokan Mataram. Miliknya sang maestro wirausahawan Yogyakarta mas Saptutari.

Untuk warnet diberi nama “freshmedianet”. Pada awalnya nama yang pertama kali dipakai untuk memulai usaha adalah “freshmedia” yang sekarang dipakai untuk nama toko komputer. Alasan memakai nama itu karena fresh artinya segar, jadi bisa diartikan jika ada permasalahan tentang komputer dan jaringan maka bawalah ke freshmedia maka komputer anda akan menjadi fresh kembali. Fresh disini mengandung arti bebas dari virus dan kerusakan. Untuk freshmedianet beralamatkan di Jalan Imogiri barat tepatnya utara pasar Kepek Trimulyo Jetis Bantul. Mulai dirintis dan didirikan tahun 2007. Sedangkan untuk tokonya diberi nama Freshmedia Komputer, beralamatkan di rumahnya sendiri. Bendogorok Trimulyo Jetis Bantul. Didirikan secara resmi pada tanggal 1 Agustus 2010.

Sebelum merintis usaha ini pernah juga berbisnis jamur tiram. Pada awal 2004 sebelum terjadi gempa Yogyakarta, dengan memanfaatkan bekas kandang atau peternakan ayam potong, di daerah Imogiri. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan persaingan semakin ketat maka munculah pesaing dalam bidang sama, yakni budidaya jamur tiram. Oleh sebab itulah usaha ini mulai ditinggalkan. Kemudian tahun 2010 usaha jamur tiramnya benar benar sudah ditinggalkan, mas Kelik berkonsentrasi di usaha warnet dan toko komputer yang dirintisnya.

Untuk freshmedianet sekarang mempunyai 5 karyawan, ada cowok dan cewek. Sudah dibuatkan jadwal sehari-harinya. Ada 3 shift dengan jam kerja normal 5 jam setiap harinya. Kecuali ada hari besar dan ada kepentingan dari perusahaan warnet libur.

Freshmedia komputer baru mempunyai 1 orang karyawan, ditambah dia sendiri yang turun langsung mencari barang ke distributornya langsung. Tak pernah dia merasa malu seorang owner nya turun langsung ke lapangan. Asal halal tak ada kata malu dalam benaknya. Untuk di IT di Kedai Digital mas Kelik kalau ada permasalahan dan kerusakan pasti akan dihubungi dan otomatis langsung ke sana guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dulunya mas Kelik pernah kursus tentang ilmu merakit komputer dan troubleshooting di LPK Unigama. Kemudian lulus, terus bekerja sebagai teknisi di CV.Telupha Sarana Komputer. Bekerja ditempat itu mulai tahun 2003. Sambil bekerja dia juga kuliah di Akakom Yogyakarta mengambil jurusan Teknik Informatika, dan sudah meraih gelar sarjana komputer. Tepatnya tahun 2010 karena ingin mendirikan usaha sendiri dia keluar dari CV.Telupha Sarana Komputer dan mulai merintis usaha sendiri dirumahnya.

Visi dan Nilai yang dianut

Mas Kelik memiliki kepribadian yang kalem, pendiam, mempunyai selera humor yang agak lumayan. Jujur dalam melakukan segala hal dan satu lagi sabar dalam menyelesaikan masalah dan tidak tergesa gesa.

Ada beberapa filosofi atau pandangan yang mas Kelik ia jalankan dan ia terapkan selama merintis karier hingga sekarang ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Modal

Sekarang sudah sangat mudah untuk mendapatkan suntikan dana guna mendirikan usaha sendiri. Syaratnya juga lebih mudah daripada tahun-tahun yang lalu. Asal usahanya jelas dan ada kemauan keras pasti modal akan dapat didapat. Modal bisa saja didapat melalui pinjaman bank, pinjaman bunga rendah dari PT.Telkom. Mas kelik utuk merintis usaha warnet dan toko komputernya mendapat modal pinjaman bunga rendah dari PT Telkom. Menurutnya asalkan niatnya serius ingin mendirikan usaha mesti modal akan didapat.

Tidak terfokus pada satu pekerjaan

Mas Kelik dalam menjalankan usahanya tidak hanya mengandalkan pemasukan dari satu sektor saja. Misalnya dari awal perintisan usaha dia sudah memiliki usaha warnet. Bisa dibilang pemasukannya tahun itu besar karena belum banyak pesaing di daerah itu, seiring dengan ketatnya persaingan maka jelas pemasukan dari sektor warnet masih dirasa kurang, karena adanya warnet lain di sepanjang jalan Imogiri barat. Untuk itu tahun 2010 dia membuka usaha baru toko komputer. Ditambah lagi selain 2 sektor usaha itu juga menjadi teknisi lepas di Kedai Digital. Hal ini sudah dia buktikan jika kalau mau menjadi seorang wirausahawan tidak hanya fokus pada 1 sektor saja. Carilah sektor lain usaha sebanyak mungkin, untuk jaga jaga seandainya 1 sektor mengalami kerugian maka sektor lain bisa untuk menutupinya.

Momentum Sukses

Menurut mas Kelik definisi sukses itu bukan karena memiliki segala hal, baik rumah mewah gedung besar dan usaha yang banyak. Tapi menurut beliau sukses itu adalah keadaan dimana kita dengan segala keadaan yang kita miliki bisa berbagi dengan orang lain. Jadi definisi sukses adalah seberapa besarnya anda itu memberi manfaat bagi orang lain. Kemudian untuk meraih sukses itu perlu diimbangi dengan ibadah sedekah. Orang yang sukses pasti akan lebih besar mengeluarkan uangnya untuk ibadah sumbangi anak yatim, anak panti asuhan dan pembangunan masjid, uang tak akan pernah habis untuk hal-hal demikian tapi justru akan semakin bertambah. Mas Kelik sudah membuktikannya.

Untuk prestasi yang menurut mas Kelik dibilang sukses antara lain:

  1. Dapat proyek cukup besar perawatan dan perbaikan lab komputer SMP NEGERI 1 PANDAK Bantul
  2. Mendapat rakitan komputer untuk warnet di kawasan bantul yang dibuatnya.
  3. Mendapatkan konsumen yang sangat loyal kepadanya karena kejujuran dan ketelatenan dalam menjelaskan tentang kerusakan komputer.

 

Produk atau Jasa yang ditawarkan

Untuk freshmedianet adalah usaha yang menyediakan jasa untuk mengakses internet. Dengan tarif 2500/jam bisa mengakses internet dengan koneksi yang cukup cepat, karena dia sendiri yang mengurusi bandwith internet. Jadi otomatis kecepatan internet bisa disesuaikan menurut standar ukuran freshmedianet.

Program yang baru dia merintis system free hotspot area. Dengan voucher internet maka untuk laptop yang ada wifi bebas menggunakan layanan free hotspot area dengan membeli voucher tersebut. Biaya sekitar 50rb untuk satu bulan.

Untuk freshmedia komputer adalah usaha yang menyediakan penjualan assesories peralatan komputer, jasa perbaikan dan perawatan komputer, laptop, monitor, printer, dan perangkat lainnya. Juga melayani instalasi warnet dan jaringan, baik pembuatan bilik dan tower. Dan bisa juga pemasangan hotspot area dalam ruangan.

Pelajaran yang bisa Dipetik

Untuk suskes itu harus dilakukan dengan usaha keras, dengan doa, amalan ibadah yang tekun, dan sedekah pasti sukses akan diraih.

Untuk meraih sukses yang lebih banyak maka keluarkanlah uang yang banyak untuk anak yatim dan menyantuni anak dipanti asuhan atau kegiatan keagamaan yang dianut yang positif.

Bermanfaatlah untuk orang lain setelah kamu bermanfaat bagi diri sendiri.

Kepuasan konsumen harus diutamakan apalagi usaha yang bergerak   dalam bidang jasa

suasana wawancara dengan pemilik freshmedia 🙂

 

 

 

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Wawancara dengan Mas Kelik (OWNER FRESHMEDIA)

Add yours

  1. If some one desires to be updated with latest technologies after that he must be pay a quick visit this web site and
    be up to date all the time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

A WordPress.com Website.

Up ↑

%d bloggers like this: